Thursday 8 November 2012

Bad Translation: Julius Caesar


Just a break. Here's Act 1 Scene 2 of Julius Caesar for those who need relief from the complex language of Shakespeare.

CASCA. Narik-narik jubahku mau ngomong apa?
BRUTUS. Tadi ada apaan? Kok mukanya Caesar ga enak?
CASCA. Lho, bukannya kamu tadi sama dia?
BRUTUS. Ya kalo tadi aku di situ ga usah nanya kamu dong.
CASCA. Tadi dia ditawarin jadi raja, terus dia nolak, terus orang-orang heboh deh.
BRUTUS. Terus yang ribut-ribut kedua apaan?
CASCA. Itu juga.
CASSIUS. Yang ketiga?
CASCA. Itu juga.
BRUTUS. Mereka nawarin mahkota tiga kali?
CASCA. Iya. Dan dia nolak tiga kali, makin lama makin ga niat nolaknya. Tiap kali dia nolak, sesamaku rakyat jelata itu pada bersorak.
CASSIUS. Yang ngasih dia mahkota siapa?
CASCA. Antony.
BRUTUS. Cerita dong.
CASCA. Ga jelas lah, konyol banget pokoknya. Jadi Antony nawarin dia mahkota, terus dia taruh lagi, Tapi kata aku sih sebenernya dia pingin banget ngambil. Terus ditawarin lagi, terus dia taruh lagi. Tapi kata aku sih, dia kayanya benciiii banget ngelepasin itu mahkota. Terus untuk ketiga kalinya dia ditawarin lagi, dia taruh lagi, dan orang-orang langsung heboh, tepuk tangan, dan ngelemparin topi mereka ke udara. Saking udah ga jelasnya bau keringet dan bau mulut mereka Caesar sampai tersedak, trus pingsan deh. Aku sih nahan ketawa supaya ga ngehirup baunya.
CASSIUS. Caesar sakit apa?
CASCA. Dia jatuh, mulutnya berbusa.
BRUTUS. Epilepsi-nya kumat.
CASSIUS. Nggak. Yang epilepsi itu aku, kamu, sama Casca di sini.
CASCA. Aku nggak ngerti kamu ngomong apa, pokoknya Caesar pingsan.
….
BRUTUS. Terus waktu udah sadar dia ngomong apa??
CASCA. Ya sebelum dia pingsan, waktu dia nyadar bahwa orang-orang itu seneng dia nolak jadi raja, dia buka jubahnya terus ngasih tenggorokannya buat dipenggal. Kalo aku rakyat jelata yang ga punya kerjaan sih pasti udah aku lakuin. Terus dia pingsan. Waktu udah sadar, dia bilang kalo tadi ada khilaf, itu gara-gara penyakitnya. Tiga atau empat perempuan di situ bilang, “Ya ampun, kasian banget ya,” dan maafin dia setulus hati. Peduli amat lah, mereka. Kalaupun Caesar abis nikam ibu mereka juga kayanya dia dimaafin aja.
BRUTUS. Trus abis itu mukanya jadi serius gitu??
CASCA. Hooh.
CASSIUS. Tadi Cicero ngomong sesuatu?
CASCA. Ya. Dia ngomong pake bahasa alien.
CASSIUS. Ngomongin apa?
CASCA. Ga tau. Tapi yang ngerti dia ngomong apa senyum-senyum, terus geleng-geleng, tapi buat aku sih rasanya kaya dengerin bahasa alien.
….
BRUTUS. Perasaan dulu di sekolah dia rada pinteran dikit.

And here's Act 2 Scene 2 condensed.

CALPHURNIA. Caesar, aku udah tiga kali mimpi kamu dibunuh, Jangan berangkat.
CAESAR. Gue ga takut. Namanya juga orang ya pasti bakal mati kalo udah waktunya.
SERVANT. Kata para imam juga mendingan Caesar ga usah keluar rumah hari ini.
CAESAR. Bah. Takdir aja takut sama gue. Gue berangkat.
CALPHURNIA. Ya ampun! Udah jangan kepedean gitu. Jangan pergi. Bilang aja aku yang takut terjadi apa-apa, bukan kamu. Suruh Antony bilang kamu ga enak badan.
CAESAR. Ya udah, suruh Antony bilang aku ga enak badan, biar kamu tenang.
DECIUS. (manas-manasin)Masa sih Caesar ga datang gara-gara istrinya mimpi buruk. Nanti Senat bilang apa? “Rapat ditunda sampai istrinya Caesar mimpi indah, gitu?” Belum lagi ntar anggota-anggota Senat bisik-bisik, “Caesar takut ya?”
CAESAR. (kesel sendiri)Siniin jubah gue. Gue berangkat.

3 comments:

  1. LOL
    I like this part:
    BRUTUS. Perasaan dulu di sekolah dia rada pinteran dikit. :)))

    ReplyDelete
  2. wkwkwk.... pagi2 dibuat ngakak.
    Sama kayak Dessy, paling ngakak bagian "Perasaan dulu di sekolah dia rada pinteran dikit." :))

    ReplyDelete
  3. @Dessy and Fanda: No comment deh. Seneng baca Shakespeare itu mungkin gara-gara dialognya jadi begini di kepalaku ya?

    ReplyDelete